Kamis, 17 Januari 2013

PERIODE EMAS DALAM PERKEMBANGAN ANAK (GOLDEN YEARS) By 3us



 Tahun–tahun pertama kehidupan anak merupakan kurun waktu yang sangat penting dan kritis. Tumbuh kembang fisik, mental, dan psikososial berjalan demikian cepatnya sehingga keberhasilan–keberhasilan tahun–tahun pertama sangat menentukan hari depan anak (Hurlock, 1990).
            Menurut Hurlock, Periode  pranatal dan balita adalah yang dimaksud dengan periode emas (golden years) atau disebut juga periode kritis. Apabila lingkungan menunjang, maka anak tersebut akan mulus melalui periode kritis ini dan ia bahkan mendapatkan nilai tambah, namun sebaliknya apabila lingkungannya tidak mendukung, maka tumbuh kembang anak akan terhambat.
            Dengan berpandangan secara prospektif positif dapatlah dikatakan bahwa periode kritis ini merupakan masa atau tahun–tahun keemasan dan dengan demikian sudah selayaknya dimanfaatkan secara maksimal, ia memberi peluang untuk optimalisasi tumbuh kembang serta peluang untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi sebelumnya. Dengan demikian hambatan dan penyimpangan tumbuh kembang pada periode kritis ini perlu dideteksi dan diintervensi secara dini agar kerusakan yang telah terjadi masih berpeluang untuk diperbaiki.
            Dalam hubungannya dengan kasus adopsi pada anak, maka dapat dipahami bagaimana pengaruh psikis pada anak apabila anak harus dipisahkan dari orangtuanya di masa–masa periode emas ini. Dalam kondisi ini, anak pun harus dihadapkan pada situasi sulit dimana dirinya kehilangan figur kasih sayang dan pelindungnya, sedangkan yang dia hadapi selanjutnya adalah wajah–wajah orang yang sama sekali asing baginya, yang tidak tahu apakah dapat dijadikan sandaran bagi kebutuhan–kebutuhannya akan kasih sayang dan perlindungan. Akhirnya yang ada adalah kecemasan–kecemasan, rasa takut, frustasi dan sesuai teori diatas, maka akan berdampak sangat buruk bagi keoptimalan psikologis anak, yang dalam hal ini adalah mengenai konsep dirinya.

Peace, 3us ^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar