Rabu, 13 Maret 2013

FAKTOR PENEYEBAB TERJADINYA KEKERASAN


Definisi dan bentuk kekerasan yang telah dijelaskan di atas sedikit banyak membawa pemahaman tersendiri tentang fenomena kekerasan, namun akan lebih bijak apabila pemahaman ini diikuti dengan pemahaman tentang apa yang menyebabkan terjadinya kekerasan itu sendiri. Pemahaman tentang faktor penyebab terjadinya kekerasan membantu peneliti dalam memahami sudut pandang informan, karena tiap tindakan dan perilaku memiliki latar belakangnya sendiri.
Sebuah konsep sederhana namun mendalam tentang faktor penyebab terjadinya kekerasan secara umum diungkap oleh Camara (2005). Di dalam teorinya Camara mengungkapkan bahwa kekerasan muncul karena deprivasi relatif yang dialami masyarakat maupun individu. Deprivasi relatif dimaknai sebagai perasaan kesenjangan antara nilai harapan (value of expectation) dan kapabilitas nilai (value capability).
Di dalam kaitannya dengan kekerasan yang dilakukan guru terhadap muridnya, maka ketika kekerasan itu terjadi berdasarkan konsep dari Camara, ada kesenjangan yang terjadi di dalam diri guru antara nilai harapan terhadap murid dengan kapabilitas nilai (kemampuan) yang dimiliki murid. Kondisi ini pada akhirnya yang memunculkan tindak kekerasan yang dilakukan oleh guru terhadap muridnya. Misalnya, murid yang berperilaku tidak sesuai dengan harapan guru, melanggar peraturan, dan lain sebagainya, maka akan memicu tindak kekerasan guru.

Peace, 3us ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar