Selasa, 28 Juli 2020

BERSAHABAT DENGAN PASANGAN

BERSAHABAT DENGAN PASANGAN
Oleh: Dian Fitriaswaty.,MPsi.,Psikolog.,CH.,CHt.,CHA.,C.NNLP




🌹Bersahabat dengan pasangan?
Istilah ini terdengar aneh dan tdk wajar bagi masyarakat umum. Bersahabat dengan pasangan apakah mungkin, dan apakah bisa?

💏Utk mendapatkan jawabannya kita awali dengan memahami apa sih yg disebut Bersahabat dengan Pasangan itu?
❤Sebetulnya tidak jauh berbeda dengan pengertian Sahabat pada umumnya. Hanya saja menjadi unik karena banyak Pasutri yg tidak menyadari betapa pentingnya ini.

👫Dari konsep Sahabat, secara umum kita pahami bahwa SAHABAT adalah:

1. Orang yang paling berarti di hidup kita. ➡Bukan karena segalanya cocok, tapi yg utama karena dia punya Visi Misi yang sama tentang hidup dg kita.

2. Sahabat adalah orang yang paling memahami kita.
➡Dia tetap menyayangi dan mencintai kita, meski dia tahu kita punya kekurangan dan itu sering membuatnya kesal. Dia tetap menyayangi kita seluruhnya, dengan hitam putih kita, dengan buruk baik kita, dengan manis pahit kita.

3. Sahabat adalah orang yg paling peduli ketika kita di atas atau di bawah.
➡Ketika kita sangat bahagia atau sangat sedih. Dia sangat berharap apapun kondisi kita, kita baik2 saja

4. Sahabat adalah teman curhat yang akan pertama kita tuju, ketika kita ingin membagi apa yg kita rasakan dan pikirkan.
➡Minimal dia pendengar yg baik atau bahkan pemberi solusi yang bijak. Setiap curhat, hasilnya selalu membuat kita merasa lebih lega karena dia peduli pada masalah kita.

5. Sahabat adalah orang yang paling kita percaya.
➡Tidak ada rahasia diantara sahabat. Dia tahu masa kelam kita, Dia tahu aib2 kita, dia tahu password Handphone, ATM, dan semua Medsos kita. Tidak ada rahasia bagi sesama Sahabat.

6. Sahabat adalah orang yang akan selalu kembali seberat apapun konflik kita dengannya.
➡ Sehebat apapun perdebatan dan pertengkaran yg terjadi. Akan selalu ada jalan untuk maaf dan memberi maaf lalu memperbaiki semuanya. Pertengkaran, masalah, konflik dengan sahabat, justru makin mempererat ikatan emosi diantara satu sama lain. Ujian yg datang justru makin mematangkan hubungan satu sama lain.

7. Sahabat adalah orang yang paling menyenangkan untuk diajak beraktivitas bersama
➡Merencanakan proyek, mimpi dan cita2 bersama begitu seru jika dilakukan bersama Sahabat. Sahabat adalah partner dan TIM utk saling mendukung prestasi masing2.

8. Sahabat adalah orang yang memberi pengaruh baik dalam hidup kita
➡Sahabat sejati selalu menjadikan kita manusia yg lebih baik dari sebelumnya. Bersamanya hidup kita lebih berkualitas.


❓Bagaimana caranya agar bisa bersahabat dengan pasangan?

✅ PERTAMA, perlu meyakini dulu bahwa Goal yg dituju dalam membangun kualitas hubungan dengan pasangan adalah menjadikan nya Sahabat kita. Dan itu bisa.

✅KEDUA, Mulai buat kesepakatan bersama pasangan utk saling menjadikan masing2 adalah SAHABAT dg karakteristik 8 poin di atas. Terapkan konsep berfikir tentang Sahabat ke pasangan. Bahwa ini adalah tujuan, dan puncak dari kualitas harmonisasi hubungan antara suami dan istri

✅ KETIGA, Tetap menyadari peran dan tanggungjawabnya masing2 dalam keluarga.
➡Ketika sudah menjadi suami istri ada pembeda di aspek peran dan tanggungjawab. Tidak seperti hubungan antar sahabat yg setara dan menuntut kesetaraan di segala aspek. Dalam pernikahan tentu suami adalah pemimpin. Tapi pemimpin yg baik tentu juga yg bisa memposisikan diri nya nyaman sebagai teman dan sahabat bagi yg dipimpinnya. Pahami peran dan tanggungjawab masing2. Hormati dan Hargai peran dan tanggungjawab masing2.

✅ KEEMPAT, Jangan menuntut kesempurnaan dari orang lain (pasangan) tanpa berusaha melihat ke diri sendiri. Mulai dari diri sendiri mengkondisikan diri sebagai Sahabat bagi pasangan. Mulailah berusaha menjadi org yg paling dipercaya, orang yg paling nyaman utk mengekspresikan emosi (tempat curhat), dan jadilah org yg paling menyenangkan bagi pasangan untuk menghabiskan waktu.

🙅Sepertinya tidak mungkin menjadikan pasangan saya adalah Sahabat, lantas bagaimana?

💕Perlu dipahami bahwakonsep Pasangan sebagai sahabat adalah konsep ideal dan puncak harmonisasi dalam hubungan suami istri. Karena ideal tentu utk menuju ke arah ini butuh usaha. Apalagi yg baru menyadari konsep ini. Yang penting mulai dari diri sendiri. Percaya akan dahsyatnya kekuatan energi positif yg dimulai dari anda sendiri ketika berniat untuk mencapai puncak idealisme hubungan dengan pasangan  (menjadikannya Sahabat).

💕Yg utama dalam proses ini adalah bahwa satu sama lain meyakini bahwa tujuan relationship anda adalah ke arah itu. Dan disetiap waktu, disetiap harinya anda dan pasangan berjuang untuk bs saling menyamankan seperti layaknya sahabat. Utk bs saling menyamankan tentu tidak dg paksaan. Seperti ketika anda menemukan Sahabat anda sendiri. Semuanya mengalir. Percayalah bahwa kebaikan akan otomatis menarik kebaikan. Maka berusahalah menjadi pribadi yg ber energi positif agar mampu menarik sekitar anda menjadi juga ber energi positif.

💕Perlu diyakini bahwa dalam membangun harmonisasi hubungan dg pasangan dibutuhkan kemauan dan usaha terus menerus utk saling mempelajari satu sama lain. Itu pekerjaan seumur hidup seperti halnya mengusahakan tumbuhan cinta agar terus mekar selamanya. Perlu usaha dan kerja agar cinta anda dan pasangan bisa melewati jenuh dan bosan. Agar cinta anda dan pasangan tetap terpelihara gairah dan bara nya.

💕Cinta adalah kata kerja. Utk bisa selalu cinta sampai selamanya dibutuhkan kreativitas dan kemauan utk terbuka satu sama lain ttg kebutuhan masing2 terhadap satu sama lain. Ada kalanya jenuh dan bosan datang. Itu pasti. Tapi anda berdua bs melaluinya bila memahami konsep memelihara cinta. Maka dari itu menjadikan pasangan sebagai Sahabat adalah tujuan tertinggi. Karena Sahabat selalu menemukan cara bagaimana bosan dan jenuh itu diatasi. Karena mereka saling percaya, saling nyaman, saling terbuka, saling bs jadi diri sendiri dan tentunya saling membaikkan satu sama lain.

Maka, jadikan Suami atau Istri anda Sahabat anda mulai dari sekarang. Karena anda sudah memilihnya untuk menemani anda seumur hidup. Maka menjadikannya Sahabat tentu akan membuat hari2 anda bersamanya penuh suka cita dan semangat optimisme meraih mimpi dan masa depan. Rumah Tangga anda akan semakin berwarna, karena apapun masalahnya, sebesar apapun konfliknya, justru itu menguatkan ikatan diantara anda dan pasangan.

-Sekian-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar