Selasa, 26 Mei 2020

JANGAN PUTUS ASA

JANGAN PUTUS ASA
Oleh: Dian Fitriaswaty.,MPsi., Psikolog



.
.
Bismillahirrahmannirrahim..
.
Assalammualaikum warrahmatullahi wabarakatuh... 💕
.
.
Pagi ini saya dikejutkan dengan chat WA salah satu klien saya,  yang sudah 2 tahun ini dinyatakan sembuh dari masalah psikologisnya. Dia sudah menemukan alasan untuk bahagia dan alhamdulillah memutuskan berhijrah,  berhijab dan memilih untuk belajar mendekat padaNya.. 💕
.
Namun,  isi chat WA nya pagi ini adalah yang terburuk yang pernah dia kirimkan untuk saya.
.
Paling buruk karena selama berproses bersama saya dulu dengan gejala Depresi parah dimana dia mengalami psikosmatis berupa sesak nafas
dengan ditambah perilaku self harming (melukai diri sendiri)  hampir tiap hari,  tidak pernah dia sepesimis ini.
.
Dia selalu ingin sembuh,  dan semangat untuk berproses bersama saya.
.
Dan di 2 tahun ini,  saya adalah psikolog yang bangga karena dia sudah berhasil melalui dan mengatasi depresinya..
.
Foto2 bahagianya yg semakin cantik karena hijab membalut tubuhnya,  dengan sederet aktifitasnya sebagai muslimah muda di usia awal 20-an yg sibuk kuliah dan berteman dengan sebanyak banyaknya orang..
.
Namun,  sekarang dia sedang penuh keputus asaan. Seperti yang saya sematkan di postingan ini,  capture dari isi chat WA dia kepada saya berikut balasan saya..
.
Hingga tulisan ini saya ketik,  belum ada balasan darinya dan itu membuat saya sangat khawatir. Maka saya hanya bisa berdoa dan mohon doa dari kalian semua yang membaca tulisan ini,  agar klien saya tersebut masih baik-baik saja..
.
Ini bukan pertama kalinya saya menghadapi klien dengan percobaan bunuh diri,  ada puluhan klien yg saya tangani datang ke saya mayoritas sudah dengan memiliki keinginan untuk bunuh diri.
.
Dan alhamdulillah bisa tertangani dengan baik pada akhirnya...
.
.
Bunuh Diri adalah dampak dari perasaan PUTUS ASA dimana manusia memilih menyerah karena kegagalan pendampingan dari orang2 terdekat untuk membantunya tetap optimis melalui gelap, pahit dan perih nya peristiwa hidup yang dialami.
.
PUTUS ASA adalah dampak dari keterbatasan manusia dalam memahami mekanisme hidup,  dimana rata2 manusia bergerak,  berletih letih,  bersusah payah menjalani hidup adalah untuk meraih BAHAGIA.
.
dan PUTUS ASA terjadi ketika manusia merasa sudah tidak ada lagi jalan yang bisa ditempuh untuk mencapai BAHAGIA.
.
dengan keterbatasan ilmunya,  manusia pun mudah BERPUTUS ASA.
.
Padahal Allah SWT berfirman:

يٰبَنِيَّ اذْهَبُوْا فَتَحَسَّسُوْا مِنْ يُّوْسُفَ وَاَ خِيْهِ وَلَا تَاۡيْـئَسُوْا مِنْ رَّوْحِ اللّٰهِ ۗ اِنَّهٗ لَا يَاۡيْـئَسُ مِنْ رَّوْحِ اللّٰهِ اِلَّا الْقَوْمُ الْكٰفِرُوْنَ
".............dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya yang berputus asa dari rahmat Allah, hanyalah orang-orang yang kafir."
(QS. Yusuf 12: Ayat 87)
.
.
Kawan,  menjadi BAHAGIA itu ada ilmunya.
.
Bisa dipelajari,  dipraktekkan dan lalu dibuktikan selamanya.
.
Belajar menjadi BAHAGIA itu tidak butuh biaya mahal hingga harus membayar jutaan rupiah mengikuti training sehari-dua harian penuh yang mendingan dipakai untuk memaksimalkan ibadah dan amal shalih.
.
Karena sang pemilik segala ilmu untuk BAHAGIA saja memberikan petunjuk dengan GRATIS tis tis sejak manusia pertama kali diciptakan.
.
Allah swt, Tuhannya seuruh manusia,  menurunkan kitab untuk dibaca,  dipelajari,  dipahami tentang petunjuk bagaimana meraih BAHAGIA yang ter-canggih,  ter-tepat,  dan ter-akurat sepanjang masa.
.
Lengkap dengan mengutus juru Training paling berkualitas yang pernah ada di Bumi..  Para RasulNya.
.
Di setiap zaman,  Allah utus para "coach" yang merupakan manusia pilihan yang mengajarkan mekanisme hidup untuk meraih BAHAGIA disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik di zamannya.
.
Dan untuk kita para umat akhir zaman dipilihkan GURU/PELATIH/COACH yang merupakan manusia terbaik,  yang adalah manusia paling mulia, yaitu  Nabi besar Muhammad saw. Salam dan shalawat untuk beliau, keluarganya dan para sahabat2nya.
.
Dalam Al Quran,  begitu banyak ayat2 yang memberi PETUNJUK bagaimana cara untuk bahagia..  Saya hanya mengutip sebagian kecil dari banyaknya ayat yg mengajarkan tentang ini,  sbb:

1. Allah SWT berfirman:

قُلْنَا اهْبِطُوْا مِنْهَا جَمِيْعًا ۚ فَاِ مَّا يَأْتِيَنَّكُمْ مِّنِّيْ هُدًى فَمَنْ تَبِـعَ هُدَايَ فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُوْنَ
"..........maka barang siapa mengikuti petunjuk-Ku, tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati."

(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 38)
.

Kata Allah,  orang yg BAHAGIA (bebas dari rasa takut dan sedih)  adalah yg mengikuti petunjuk Allah yg tertuang di Al Quran dan Al Hadist. Yang mengikuti petunjuk adalah yang taat,  patuh,  tunduk sama aturannya Allah swt. Untuk bisa taat,  patuh,  tunduk harus YAKIN bahwa ALLAH swt adalah PEMBUAT HUKUM TERBAIK, pembuat sistem terbaik,  pembuat aturan terbaik. Allah adalah Al Malik,  Raja dari segala Raja,  Hakim dari segala Hakim,  Waliy (pelindung dari segala pelindung)  yang HUKUM Nya adalah Mutlak dan sudah berlaku tanpa persetujuan siapapun.
.
Maka kitapun hidup dengan berpedoman pada RULESnya Allah swt.
.
Pikirkan,  jika kita salah menjalani aturan hidup.... Mau caranya benar sekalipun akan sulit meraih tujuan BAHAGIA.
.
Mengapa?
.
Karena jalan yg ditempuh salah. Pedoman yg dipakai cacat. Aturan yg diikuti menyesatkan.
.
Sebab,  Allah adalah Al Qudus....  Yang Maha Suci dari segala yang kurang,  yang buruk,  yang salah,  yang lemah..  Cuma Allah satu2nya yang Zero Mistakes. Kesempurnaan cuma milik Allah azza wa jalla..
.
2. Allah SWT berfirman:

بَلٰى مَنْ اَسْلَمَ وَجْهَهٗ لِلّٰهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ فَلَهٗۤ اَجْرُهٗ عِنْدَ رَبِّهٖ ۖ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُوْنَ
"Tidak! Barang siapa menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah dan dia berbuat baik, dia mendapat pahala di sisi Tuhannya dan tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati."
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 112)
.
Kata Allah,  orang yang BAHAGIA (bebas dari rasa takut dan sedih)  adalah yang berTawakkal kepada Allah seraya memelihara diri untuk berbuat baik,  berakhlak baik,  berkepribadian baik meski orang lain dan peristiwa buruk datang menghampiri.
.
Tawakkal adalah Tauhid tertinggi,  dimana makna Tawakkal adalah meyakini dengan seyakin yakinnya bahwa Allah lah pembuat keputusan terbaik atas hidup manusia.  Meski manusia melihatnya buruk,  sejatinya tidak ada yang buruk di sisi Allah. Keterbatasan manusia saja yang menjadikannya tidak berhasil memahami sisi baik yg ada di semua peristiwa hidup.
.
Allah adalah penyebab segala sesuatunya ADA.  baik yg terlihat oleh mata ataupun tidak. Allah pencipta segalanya,  baik makhluk2 yg bernyawa dan alam semesta maupun peristiwa2.
.
3. Allah SWT berfirman:

اِنَّ الَّذِيْنَ قَا لُوْا رَبُّنَا اللّٰهُ ثُمَّ اسْتَقَا مُوْا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلٰٓئِكَةُ اَ لَّا تَخَا فُوْا وَلَا تَحْزَنُوْا وَاَ بْشِرُوْا بِا لْجَـنَّةِ الَّتِيْ كُنْتُمْ تُوْعَدُوْنَ
"Sesungguhnya orang-orang yang berkata, Tuhan kami adalah Allah kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka maka malaikat-malaikat akan turun kepada mereka (dengan berkata), Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu bersedih hati; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan kepadamu."
(QS. Fussilat 41: Ayat 30)
.
Kata Allah,  orang yang BAHAGIA (bebas dari rasa takut dan sedih)  adalah yang TEGUH PENDIRIANnya,  meyakini dengan kuat bahwa ALLAH swt adalah satu2nya Tuhan dengan kapasitasnya sebagai "Rabb" (karena di ayat Ini digunakan kata Robbunallah untuk menyebut Allah), yaitu:
1. Pencipta ➡ Al Kholiq
2. Penjamin Rezeki ➡ Al Rozaq
3. Pengatur ➡ Al Mutadabbir
.
Dimana jika kita meyakini dengan keyakinan terbaik bahwa Allah adalah Pencipta,  Penjamin Rezeki dan Pengatur terbaik maka Allah jamin tidak ada rasa takut dan sedih karena Allah menurunkan malaikat2nya untuk menghibur manusia dikala tidak ada lagi manusia yang bisa membuat kita terhibur dan semangat kembali.
.
.
Maka.. Sejatinya BAHAGIA itu adalah ketika kita memiliki IMAN dan TAQWA yang makin hari makin meningkat kualitasnya karena kesadaran akan pentingnya MEMBUTUHKAN PERTOLONGAN ALLAH dan MENJADIKAN ALLAH SANDARAN TERBAIK untuk meraih BAHAGIA.
.
karena BAHAGIA itu hasil keputusanmu sendiri yang memilih bertahan untuk selalu berada di jalan terbaik,  jalannya Allah.. Yang mengikuti petunjuk Allah,  berTawakkal pada Allah dan menjaga Iman-Taqwa kepada Allah swt.
.
.
BAHAGIA itu sederhana,  dan siapapun bisa meraihnya.
.
Jalan BAHAGIA itu mudah...  Karena kau hanya butuh mendekat padaNya..
.
Allah swt,  Tuhan nya seluruh manusia yang MAHA BAIK DAN MAHA PENUH CINTA.
.
kalau kau berjalan satu langkah menujuNya,  DIA akan berjalan seribu langkah menujumu..
.
kalau kau berjalan mendekatiNya,  DIA akan berlari mendekatimu...
.
.
Sudahlah... Hapus air mata sedihmu,  ganti dengan air mata syukur bahagia..
.
Karena Surga sudah dirasakan sejak di dunia bagi manusia yang beriman dan berTaqwa padaNya...
.
.
Betapa beruntungnya manusia!
Allah SWT berfirman:

يٰۤاَ يُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَا بْتَغُوْۤا اِلَيْهِ الْوَسِيْلَةَ وَجَاهِدُوْا فِيْ سَبِيْلِهٖ لَعَلَّـكُمْ تُفْلِحُوْنَ
"Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan carilah wasilah (jalan) untuk mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah (berjuanglah) di jalan-Nya, agar kamu beruntung."
(QS. Al-Ma'idah 5: Ayat 35)
.

SEKIAN
.
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar