Selasa, 23 Juni 2020

BAHAGIA ITU PILIHAN

BAHAGIA ITU PILIHAN
Oleh: Dian Fitriaswaty., MPsi., Psikolog., CHt., CHA., C.NNLP




💕Apa makna BAHAGIA ITU PILIHAN?
➡ Artinya, bahagia itu adalah hasil dari keputusan kita, bukan org lain. Biasanya manusia beranggapan dia bisa bahagia bila yg ada di luar dirinya berbuat sesuatu utknya, baru ia merasa bahagia. Sebaliknya, dia tdk bahagia krn perbuatan org lain padanya. Banyak excuse, banyak nyalahin org lain dan keadaan. Hal ini yg menyebabkan sso tdk bahagia.

💕Orang yg mampu memilih Bahagia berarti memiliki kemampuan untuk Menciptakan Bahagia.  Bagaimana bisa?
➡ Its all about your mindset. Semua tentang keterampilan cara berfikir. Manusia banyak yg tidak sadar bahwa dirinyalah yg memegang kuasa penuh apakah saat ini dia bahagia atau tdk. Karena sejatinya manusia mampu mengendalikan apa yg dia pikirkan dan rasakan. Mampu memutuskan untuk memelihara pikiran tertentu atau tidak. Ketika manusia mampu memelihara pikiran positif maka bahagialah ia. Ketika manusia mampu membuang pikiran negatif dan menggantinya dg positif, bahagilah ia.

✳Masalahnya, manusia cenderung tanpa sadar memelihara dg spontan pikiran negatif ketika masalah dlm hidup muncul. Sehingga membiarkan dirinya berlama-lama dalam pikiran negatif.

🍁Padahal bila manusia tahu apa dampak besar dari pikiran negatif terhadap hidupnya, maka manusia akan berlomba-lomba mengusir pikiran negatif tsb ketika ia muncul.

🍁Dampak besar itu ada di pemahaman tentang Law of Attraction ➡ Hukum ketertarikan.

Penjelasan sederhananya begini:

Ketika manusia memelihara pikiran negatif, maka ia akan otomatis menghasilkan perasaan negatif. Perasaan negatif menghasilkan perkataan dan perbuatan negatif. Maka manusia tsb membentuk energi Negatif di dalam dirinya. Energi negatif yg manusia miliki akan menatik hal2 negatif juga dari lingkungan. Negatif menarik negatif, Positif menarik positif.

✳Maka tidak heran jika ada manusia yg hidupnya seolah2 sll dikelilingi kebahagiaan, kemudahan, pencapaian, dan hal2 positif lainnya. Ini karena Law of Attraction sdg bekerja sbg dampak manusia tsb mampu memelihara energi positif dalam dirinya.

✳Begitu juga dg kebalikannya. Manusia yg cenderung memelihara energi negatif akan tanpa sadar menarik hal2 negatif dari lingkungan. Sehingga hal2 buruk, kesulitan, kesedihan yg sering melingkupi hidup org ini.

⚠Maka, berhati-hatilah dg pikiranmu. Krn ternyata hal tsb mempengaruhi juga apa yg terjadi dlm hidupmu.

🔥Maka, mulailah berlatih menciptakan Bahagia dg berlatih mengendalikan atau membuang pikiran negatif dan menggantinya dg pikiran positif.

💡Bagaimana cara menciptakan Bahagia sehingga mampu mengendalikan atau membuang pikiran negatif dan diganti dg positif?

Hal pertama yg harus dilakukan adalah meyakini bahwa memang benar kita bs mengendalikan pikiran kita sendiri.

🌷Bukti bahwa pikiran bs dikendalikan➡ Ketika anda tertusuk duri, merasa sakit sampai berdarah2, namun tiba2 hilang seketika ketika org yg paling anda rindukan datang dg senyum, bunga dan pelukan.

➡ Kenapa bs terjadi? Karena anda tanpa sadar mengalihkan fokus pikiran anda dari rasa sakit ke rasa bahagia krn rindu yg terbayar.

➡Kalau begitu berarti semua manusia bisa dong manusia mengendalikan pikirannya, dg mengendalikan fokus pikirannya.

Iya, karena kunci utk mengendalikan pikiran agar terus memilih bahagia ada di bagian kedua, yaitu cara manusia memfokuskan pikirannya.

✔Fokus dominan ke positif, maka bahagia muncul
✔Fokus dominan ke negatif, maka kesedihan muncul

🌾Hal ini memang butuh latihan pembiasaan di awal. Rata2 manusia lbh mudah bereaksi terhadap stimulus negatif krn itulah yg dia takutkan, khawatirkan. Manusia lbh mudah menghindari daripada melawan bila masalah dtg➡hidup utk menghindari rasa sakit, bukan utk melawannya dg menciptakan rasa senang.

💕Bagaimana cara mengendalikan pikiran utk selalu merasa bahagia?
➡ Bukan ttg selalu merasa bahagia loh, tp kemampuan utk memelihara rasa bahagia. Caranya?

1. Bila rasa dan pikiran negatif datang, sadari itu dan segera lakukan segala cara agar pikiran dan perasaan anda tdk terlalu lama berada di kondisi tsb. ➡Bergerak, aktif, alihkan dg berkegiatan positif (motorik berkaitan erat dg kerja otak), membaca adalah aktivitas pasif namun bagus utk mengalihkan fokus pikiran. Otak dipaksa utk memikirkan isi bacaan yg menarik bagi kita.

2. Beri ruang untuk emosi negatif.
➡Jangan ditekan, tp disalurkan ssi kebutuhan. Bila anda terampil, 15 menit sgt cukup utk ruang emosi negatif anda.
 
3. Lakukan Self talk, yaitu berbicara kepada diri sendiri berulang2.
➡Ingat,hanya berbicara hal positif yg berkebalikan dg pikiran dan perasaan anda yg sdg dominan negatif

4. Membuat Gratitude List harian. ➡Gratitude list adalah salah satu teknik terapi perilaku utk membantu sso terampil utk dominan fokus pada hal2 positif baik terhadap diri sendiri, org lain, maupun lingkungan dan situasi hidup yg dialami.

💡Dalam Gratitude List sso diminta di setiap harinya sebelum mengakhiri hari (tidur) atau disaat memulai hari (bangun tidur) menulis hal2 yg disepanjang hari yg sdh dilaluinya adalah hal yg dia syukuri. Merupakan nikmat yg layak disyukuri.

💡Di awal pelaksanaan, sso yg dominan berfikir negatif akan cenderung kesulitan melakukan Gratitude List. Biasanya hanya mampu menuliskan 1 atau 2 daftar. Hal ini dikarenakan dirinya hanya mampu mengidentifikasi makna "syukur" dan "bahagia" secara sempit, berdasarkan patokan nya sendiri. Padahal seperti yg kita ketahui dan sering dengar, bahwa bahagia itu sederhana. Sso yg kesulitan membuat Gratitude list belum memahami ttg makna bahwa "Bahagia itu Sederhana".

🌾Semakin bahagia sso maka semakin mudah dan ringan menuliskan Gratitude List sebagai rutinitas harian. Hingga akhirnya keterampilan bersyukur tinggal diucapkan saja secara spontan tanpa perlu membuat Gratitude List lagi.

5. Dekati org2 dan lingkungan yg membawa pengaruh positif serta jauhi orang2 dan lingkungan yg membawa pengaruh negatif
➡Hal ini sgt penting dlm membantu sso memfokuskan pikiran. Berada di lingkungan negatif akan menyulitkan kita menciptakan pikiran positif. Berlatih cermat dalam memilih org dan lingkungan pergaulan.

💖Selamat Memilih Bahagia💖

-Sekian-

Wassalammualaikum warrahmatullah..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar